Review Samsung Galaxy Tab S6: Spesifikasi dan Harga

Harus diakui, pasar tablet di Indonesia memang tidak seindah pasar smartphone. Saat ini, tak banyak produsen yang menawarkan tablet yang dikembangkannya. Melihat hal ini, Samsung adalah salah satu produsen teknologi yang masih getol menelurkan tablet baru.

Tak main-main, Samsung memiliki lini tablet yang terbilang lengkap, mulai dari entry-level, kelas menengah yang ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa hingga kelas atas yang ditujukan untuk profesional. Ya! Yang terbaru adalah Samsung Tab s6 yang memang ditujukan untuk pekerja urban “super sibuk” yang terus bergerak alias mobile workers.

Nah! Berbicara mengenai Samsung Galaxy Tab S6, perangkat ini pun mampir ke DroidLime untuk direview. Lantas, seperti apa desain dan kinerja tablet yang dibanderol seharga Rp11 jutaan ini? Jika kalian penasaran, baca hingga kelar review yang kami lakukan. Selamat membaca!

Spesifikasi dan Harga Samsung Tab S6

Layar 10,5 inci dengan resolusi WQXGA

Datang sebagai tablet kelas atas, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini memang tidak main-main dalam dalam merancang Galaxy Tab S6. Dimensi tablet ini berukuran 244,5 x 159,5 x 5,7 mm dan beratnya hanya 420 gram. Bisa dibilang, tablet ini memang begitu nyaman untuk dibawa kemanapun.

Material yang dipakai pun tidak sembarangan. Samsung mengemas Galaxy Tab S6 dengan material logam yang solid. Ini bsa bisa kita rasakan dari cangkang bagian belakang tablet tersebut. Ya! Pada bagian belakang Galaxy Tab S6, Samsung juga menyisipkan garis antena di sisi atas dan bawah.

Selain itu, ada juga dukungan dua kamera yang disusun secara vertikal di sudut kiri atas. Nah! Yang terbilang menarik, ada wadah untuk menyimpan stylus digital alias S-Pen, tepat di bawah modul kamera belakang. Ya! Penyimpanannya menggunakan mekanisme magnet yang daya rekatnya terbilang kuat.

Lalu, bagaimana dengan dukungan layarnya? Galaxy Tab S6 yang punya tiga pilihan warna, yakni Mountain Gray, Cloud Blue dan Rose Blush datang dengan layar berukuran 10,5 inci dengan resolusi WQXGA alias 2.560 x 1.600 piksel. Nah! Satu hal yang tak kalah mengejutkan, panelnya sudah memakai Super AMOLED.

Dibandingkan dengan tablet buatan Samsung lainnya yang menyasar segmen kelas menengah ke bawah, Galaxy Tab S6 bisa dibilang sudah punya bezel yang sedikit jauh lebih tipis. Ya! Bezel di sisi kiri, kanan, atas maupun bawah memiliki ukuran yang sama.

Tidak ketinggalan, Samsung juga memuat kamera depan yang diletakkan tepat di tengah-tengah di sisi atas bagian layar. Sementara itu, tombol Power dan Volume ditempatkan di sisi sebelah kanan perangkat bersama dengan slot untuk memuat kartu SIM dan microSD.

Di sisi sebelah kanan perangkat, Samsung memuat empat buah pin magnet yang berguna untuk mengintegrasikan Galaxy Tab S6 dengan Book Cover Keyboard. Sedangkan di sisi bawah perangkat, kalian bisa menemukan port USB Type-C yang diapit oleh dua buah speaker, dua speaker yang sama juga dimuat oleh Samsung di sisi bagian atas.

Performa ditenagai oleh SoC Snapdragon 855

Tidak hanya memiliki desain dan layar yang menarik, harus kami akui bahwa Galaxy Tab S6 juga punya dukungan spesifikasi hardware yang jempolan. Bagaimana tidak! Tablet ini datang dengan SoC papan atas kepunyaan Qualcomm. Ya! Galaxy Tab S6 telah ditenagai SoC Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7nm.

Sebenarnya, ada dua varian Galaxy Tab S6 yang diproduksi oleh raksasa elektronik asal Korea Selatan ini, yakni RAM 6GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB + ROM 256 GB. Hanya saja, yang dipasarkan oleh Samsung untuk penggemar gadget di Indonesia adalah Galaxy Tab S6 dengan varian RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Meski sudah dibekali internal storage yang terbilang besar, Samsung juga masih menyelipkan slot untuk menampung kartu microSD. Ya! Kartu microSD yang bisa kalian jebloskan ke dalam tabel ini memiliki kapasitas hingga 1 TB. Sedangkan untuk catu daya Galaxy Tab S6, ada baterai Li-Po berkapasitas 7.040 mAh dengan fast charging 15W.

Sudah barang tentu, dibekali SoC Snapdragon 855, RAM 6 GB dan ROM 128 GB, tablet ini begitu ngacir untuk dipakai dalam berbagai aktivitas, mulai dari mengolah dokumen, nonton film ataupun bermain game. Dibenchmark menggunakan AnTuTu versi 8, skornya mencapai 437.376 poin.

Punya baterai berkapasitas besar, kalian juga tak perlu cemas untuk memakai tablet ini selama seharian penuh. Artinya, kalian tak perlu ribet untuk mengisi ulang setiap saat. Menariknya lagi, baterai berkapasitas besar yang ada pada tubuh Galaxy Tab S6 ini juga bisa disuplai untuk mengisi catu daya yang ada di S Pen.

Dukungan S Pen dan kamera

Nilai jual yang tak kalah menarik dari Galaxy Tab S6 adalah disematkannya S Pen. Tidak hanya berfungsi sebagai stylus digital untuk menulis di atas layar, S Pen ini juga bisa berfungsi sebagai remote control. Ya! Ini tentunya mengingatkan kita dengan S Pen yang ada pada Galaxy Note 10 atau Galaxy Note N10+.

Namun berbeda dengan S Pen yang ada pada Galaxy Note 10 atau Note N10+, S Pen kepunyaan Galaxy Tab S6 lebih besar. Ya! Dimensinya seperti kebanyakan pulpen atau pensil pada umumnya. Samsung pun membekali S Pen ini dengan magnet agar bisa menempel ke wadah penyimpanan Galaxy Tab S6.

Nah! Berbicara mengenai dukungan kamera yang ada pada Galaxy Tab S6, Samsung memuat kamera ganda di bagian belakang perangkat. Sementara, pada bagian depannya hanya ada satu kamera. Ya! Kamera depan yang disematkan tentunya lebih berguna untuk kebutuhan video call daripada untuk foto selfie.

Dual-camera di bagian belakang Galaxy Tab S6 memiliki konfigurasi 13 MP sebagai kamera utama yang ditemani lensa 5 MP dengan aperture f/2.2 sebagai lensa ultra-wide. Sementara, untuk kebutuhan video call, ada kamera depan yang disematkan dengan resolusi 8 MP (wide) dan punya aperture f/2.2.

Terintegrasi dengan Book Cover Keyboard dan Samsung DeX

Seperti yang sudah disebutkan, Samsung meracik Galaxy Tab S6 untuk menyasar para pekerja urban “super sibuk”. Untuk itulah, tablet ini juga bisa diubah menjadi sebuah “laptop ultra ringan” untuk membantu menyelesaikan banyak pekerjaan, seperti mengolah dokumen atau file presentasi.

Untuk itulah Samsung membekali Galaxy Tab S6 agar dapat terintegrasi dengan Book Cover Keyboard. Dari namanya, tentu saja fungsinya tidak hanya sekedar sebagai keyboard biasa, tetapi juga dapat melindungi bagian depan dan belakang bodi Galaxy Tab S6.

Menyambungkan Galaxy Tab S6 dengan keyboard ini pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu menempelkan sisi Galaxy Tab S6 yang memuat empat buah pin magnet. Ketika sudah tertempel, secara otomatis kalian sudah bisa menggunakan keyboard tersebut untuk melakukan pengetikan.

Penilaian dari sisi pemakaian, Book Cover Keyboard sangat nyaman untuk digunakan. Semua tombol yang tersedia sangat presisi dan melakukan pengetikan dokumen panjang pun tangan tidak cepat lelah. Hal menarik lainnya, Book Cover Keyboard ini juga punya Touchpad yang nyaman digunakan.

Fitur Samsung DeX juga turut dibenamkan oleh Samsung ke dalam Galaxy Tab S6. Ya! Pengalaman menggunakan tablet layaknya laptop atau PC desktop benar-benar bisa dirasakan. Untuk mengaktifkan fitur Samsung DeX juga sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol khusus Fn + DeX yang ada pada Book Cover Keyboard.

Jika kurang puas dengan ukuran layar yang dimiliki Galaxy Tab S6, kalian juga bisa menghubungkan tablet ini dengan monitor eksternal melalui kabel HDMI. Dengan begitu, kalian bisa benar-benar merasakan kerja menggunakan sebuah PC desktop di atas meja.

Tentu saja, Galaxy Tab S6 tidak melulu bisa dipakai untuk menyelesaikan banyak tugas pekerjaan. Seperti yang telah disebutkan, dipakai untuk menikmati hiburan, seperti nonton film atau bermain game juga sangat layak. Apalagi tablet ini telah dilengkapi dengan empat speaker yang disokong oleh AKG.

Harga Samsung Galaxy Tab S6

Punya segudang fitur menarik yang ditawarkan, tentu saja perangkat ini tidak dijual dengan harga yang terbilang murah. Ya! Galaxy Tab S6 ditawarkan oleh Samsung untuk konsumennya di Indonesia dengan harga Rp11.999.000. Ya! Harga tersebut tidak termasuk dengan Book Cover Keyboard.

Jika ingin melengkapi Galaxy Tab S6 dengan Book Cover Keyboard, kalian harus membelinya secara terpisah dan harga yang ditawarkan adalah Rp2.199.000.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *